..::ASSALAMU 'ALAIKUM… SILAHKAN KUNJUNGI WEBSITE RESMI DESA DURENOMBO DI WWW.DURENOMBO.DESA.ID | DURENOMBO CYBERNEWS::..
.

Gapura Selamat Datang

Gapura selamat datang desa Durenombo. gapura tersebut dibangun pada tahun 2012 yang bertempat di sebelah utara dari dukuh gepret pada jalan utama yang menghubungkan Durenombo dengan desa lainnya.

Kesenian Wayang Kulit

Satu-satunya kesenian wayang kulit yang ada di Desa Durenombo yang secara turun temurun diwariskan kepada putera-puteranya: Ki Suyitno dan Ki Riyatno

Kunjungan Bupati Batang

Kunjungan Bpk. Bupati Batang dalam acara Gerakan Penanaman 1 Milyar Pohon yang berpusat di Desa Durenombo.

Aneka Usaha Warga

Bermacam industri kecil yang ada di Desa Durenombo, antara lain: Dodol Jambu Durila, Dapur Poetri, Kripik Pisang Sarang Tawon Mbak Sol,Kripik Mbak Fatimah, Kerajinan irig (Kalo), Kerajinan Topi Petani (Caping Gunung), dan sebagainya.

Pendidikan di Durenombo

Untuk menunjang kegiatan belajar desa Durenombo memiliki beberapa sekolah diantaranya: SD N Durenombo 01, SD N Durenombo 02, MI, Taman Kanak-kanak, PAUD, dan TPQ

Dirgahayu Republik Indonesia ke-68

Mari kita jaga stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi kita guna meningkatkan kesejahteraan rakyat | Durenombo CyberNews mengucapkan Dirgahayu RI ke-68.

Perbaikan Masjid Nurul Huda Durenombo

Durenombo - Masjid atau mesjid adalah rumah tempat ibadah umat Muslim. Masjid artinya tempat sujud, dan mesjid berukuran kecil juga disebut musholla, langgar atau surau. Selain tempat ibadah masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan - kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur'an sering dilaksanakan di Masjid. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan hingga kemiliteran.(wikipedia.org)
Fungsi masjid adalah tempat ibadah umat Islam, begitu juga di Desa Durenombo Masjid Utama bernama Nurul Huda Durenombo juga sedang melakukan perbaikan. perbaikan tersebut meliputi pengecatan, pemavingan, dll yang berhubungan dengan kenyamanan untuk masyarakat melakukan Ibadah, apalagi hari-hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1434 H.

Hal seperti ini dilakukan rutin setiap tahun menjelang Hari Raya Idul Fitri, seperti halnya juga manusia yang berpakaian serba rapi dan baru ketika Hari Raya Tiba Masjid pun demikian untuk menyambut Hari Raya yang jatuh sekali dalam satu tahun perlu untuk diperbaiki.

Masjid Nurul Huda Durenombo


Written
Foto

: Admin
: Admin
Contact
Website
Email
Facebook
Twitter

Data Durenombo Tahun 2012

Durenombo - Keadaan umum Desa Durenombo Tahun 2012. Untuk sekedar informasi kepada yang membutuhkan data statistik Desa Durenombo maka kami posting disini. Data yang kami posting merupakan data pada tahun 2012 dan data tahun 2013 belum kami dapatkan. semoga dapat menjadi acuan dan referer kepada anda yang membutuhkan.





Keadaan Umum

Luas Wilayah Desa

: 691.170 Ha

Batas Wilayah
Utara
Selatan
Timur
Barat

Pedukuhan
Jumlah Dukuh
Jumlah RT
Jumlah KK
Jumlah Rumah

Kependudukan
Jumlah Penduduk
Laki-laki
Perempuan
- Dk. Gepret (RW.1)
  - Laki-laki
  - Perempuan
  - Rumah
  - KK
  - RT
  - Mushola/Masjid
  - MI
  - TK
  - Madin

- Dk. Durenombo (RW.2)
  - Laki-laki
  - Perempuan
  - Rumah
  - KK
  - RT
  - Mushola/Masjid
  - SD
  - TK
  - Madin
-Dk. Durensari (RW.3)
Maaf dalam Arsip
kami tidak menemukannya


: Desa Clapar
: Desa Pretek (Kec. Pecalungan)
: Desa Adinuso
: Desa Jolosekti (Kec. Tulis)
  

: 3 dukuh (Gepret, Durenombo, Durensari)
: 12 RT
: 739 KK
: 593 Rumah


: 2383 Jiwa
: 1246 Jiwa
: 1137 Jiwa

: 583 Jiwa
: 514 Jiwa
: 255 Rumah
: 327 KK
: 5 RT
: 4/1
: 1
: 1
: 1


: 277 Jiwa
: 291 Jiwa
: 163 Rumah
: 184 KK
: 3 RT
: 2/1
: 1
: 1
: 1






*Arsip Desa Durenombo 2012


Written
Sumber
Peta

: Admin
: Arsip Balaidesa
: Wikimapia
Contact
Website
Email
Facebook
Twitter

Arti Logo Irmanu Durenombo



Durenombo - Logo merupakan suatu bentuk gambar atau bentuk huruf dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, produk, daerah, perkumpulan, , negara, dan hal-hal lainnya yang dianggap membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah untuk diingat sebagai pengganti dari nama atau merek yang sebenarnya.

Sebuah desain logo merupakan perwakilan sebuah organisasi. Desain logo organisasi adalah pembeda visual suatu organisasi dengan organisasi lain. Didalam desain logo yang bagus, akan terlihat filosofi dan misi dari perusahaan tersebut. Hal yang sangat penting untuk memiliki desain logo yang tepat untuk branding dan tujuan komunikasi yang bertindak sebagai identitas dari organisasi.

Begitu juga dengan Irmanu, salah satu organisasi di Durenombo tersebut juga mempunyai logo/lambang sebagai identitas perkumpulannya. ulasanya berikut ini:

Arti Logo Irmanu


Written
Source

: Admin
: Arsip Irmanu
Contact
Website
Email
Facebook
Twitter

Dodol Jambu Durila Ikut Bagian Di Bazar Takjil Batang

Durenombo - Di hari ke 9 hari bulan Ramadhan ini, Pemerintah Kabupaten Batang kembali menggelar bazar takjil. Bazar serupa dilaksanakan pada bulan Ramadhan tahun lalu. Bazar ini dilaksanakan di Jalan Veteran, mulai Kamis 18 Juli 2013 hingga 31 Juli 2013 mendatang.  Bazar diikuti 50 stan yang menyajikan berbagai masakan tradisional hingga masakan modern untuk berbuka puasa dan minuman segar. Asisten Pembangunan Sekda Batang, Arbak Yoga Widodo saat membuka bazaar takjil mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat menjadi arena yang memberikan kemudahan  kepada umat muslim yang membutuhkan makanan pembuka puasa. “Bagi pedagang, kegiatan ini saya harapkan bisa meningkatkan ekonominya  di bulan Ramadhan. Pada skala yang lebih luas dan ke depan, saya berharap kegiatan ini dapat menjadi ajang promosi perdagangan di Kabupaten Batang, khususnya makanan produksi lokal Batang,” kata Arbak Yoga Widodo. (Batangkab)

Dodol Jambu Merah Durila juga tidak mau ketinggalan dengan even tersebut, karena disamping sebagai ajang promosi juga sebagai keikutsertaan dalam memeriahkan datangnya bulan Suci Ramadhan. dan standnya sendiri di meja nomor 43, selain dodol jambu durila, stand ini juga menyediakan aneka makanan olahan dari jambu merah biji, disamping itu juga menyediakan jus jambu sebagai minuman yang berbahan dasar jambu merah biji. Untuk penjaga stand tersebut adalah Sri Winarni dan Zahwa Nursery

Asisten II Sekda, Arbak Yoga Widodo bersama Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Sutiyo, melihat salah satu stan Bazar Takjil.(Batangkab)
Dodol Jambu Merah Durila Dalam Kemasan


Written
Foto Batang
: Admin
: Humas Batangkab
Contact
Website
Email
Facebook
Twitter

Tahun Ini Irmanu Kembali Membuat Acara Takbir Keliling

Durenombo - Irmanu/Lutfi AP | Tahun ini Irmanu sebagai satu-satunya organisasi kepemudaan berbasis agama di Durenombo akan kembali mengadakan kegiatan pada malam lebaran nanti. Acara yang dimulai pada tahun lalu terbilang sukses, karena dengan masa persiapan yang sedikit yaitu sekitar 1 minggu, dapat membuat acara yang terkoordinir dengan nama Takbir Keliling. 

Pada tahun ini juga diharapkan lebih meriah daripada tahun lalu karena mengingat persiapan yang dilakukan jauh-jauh hari pada awal ramadhan. Persiapan yang lama ini diharapkan akan memberikan waktu yang lama untuk tiap RT menunjukan dan memberikan kreatifitasnya.
Untuk masalah nantinya dilombakan atau tidak masih menunggu rapat selanjutnya karena tahun lalu hal serupa dilombakan, jika pun dilombakan nantinya kami semua berharap hal yang terpenting bukan masalah menang atau tidak melainkan masalah kegembiraan dan kebersamaan dalam menyongsong hari kemenangan.

Hal tersebut sudah dirapatkan kemarin pada hari Jum'at, 12/7/13 di Sekretariat Irmanu (TPQ Az-Zahra) dengan mengundang perwakilan antar RT dan sesepuh desa. namun sangat disayangkan dari 18 undangan yang disebar untuk perwakilan RT yang datang hanya 8 orang, dan salah satunya orang yang bertindak sebagai tamu undangan khusus, yaitu Imam Masjid Nurul Huda Durenombo Bpk. H. Anwarudin. 
Mengenai hasil rapat pertama tersebut antara lain:
Bahwa tahun ini akan tetap diadakan takbir keliling Desa dan dibagi dalam tiga kelompok sesuai RT masing-masing.
Untuk konsumsi disediakan oleh masing-masing RT.
Untuk rumah yang berada di pinggir jalan diharapkan untuk memasang bendera merah-putih dan memasang obor.
Seragam masing-masing RT sesuai kreatifitas dan terpenting dalam nuansa Idul Fitri
Tempat berkumpul di Mushala RT01, kumpul pukul 19.30

Written
Sumber Data
: Admin
: Lutfi Adi Pratama
Contact
Website
Email
Facebook
Twitter

Pendaftaran Calon Kepala Desa Durenombo


Durenombo - 15 Juli 2013 | Pendaftaran calon Kepala Desa Durenombo akan dibuka pada hari Rabu, 17 Juli 2013 sampai dengan tanggal 18 Agustus 2013, pada pukul 08.00 - 12.00 WIB, tempat pendaftaran di balai desa Durenombo yang juga sebagai Sekretariat Pemilihan Kepala Desa Durenombo.
Untuk mencalonkan diri menjadi Kepala Desa Durenombo harus memenuhi syarat-syarat, adapun syarat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:

Persyaratan
Pasal 16

1. Yang terpilih menjadi Kepala Desa adalah penduduk WNRI dengan syarat-syarat:
  • Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Setia kepada pancasila  sebagai dasar negara, UUD negara RI tahun 1945
  • Pendidikan paling rendah tamat dan lulus SLTP/sederajat. Dibuktikan dengan fotokopi ijazah yang dilegalisasi pejabat berwenang (dinas pendidikan, kementrian agama)
  • Berusia paling rendah 25 th, usia 25 th terhitung sampai pada saat penutupan pendaftaran
  • Bersedia dicalonkan
  • Penduduk desa setempat
  • Sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter
  • Berkelakuan baik yang ditunjukan surat keterangan kepolisian
  • Tidak pernah dihukum karena melakukan tindak pidana kejahatan dengan hukuman paling singkat 5 th dibuktikan dengan surat dari pengadilan
  • Jika dicabut hak pilihnya sesuai dengan keputusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap
  • Belum pernah menjabat sebagai Kades paling lama 10 th atau dua kali masa jabatan secara berturut atau pun tidak
  • Bila terpilih bersedia bertempat tinggal di desa yang bersangkutan
2. Bagi calon kades dari TNI/Polri, PNS, BUMN/BUMD dan atau perangkat desa, selain harus memenuhi persyaratan tersebut ayat 1, juga harus memiliki surat ketrangan persetujuan dari atasan atau pejabat yg berweanang

3. Apabila kades aktif atau pejabat kades mencalonkan diri  harus mengundurkan diri pada saat pendaftaran/menjadi pelamar dan ditunjuk pelaksana tugas kades oleh camat

4. Apabila anggota BPD yang menjadi calon kades, wajib mengadukan cuti secara tertulis kepada bupati melalui camat, sejak yang bersangkutan menjadi pelamar yang berakhir masa cuti sampai pelaksanaan pemilihan

5. Anggota yang menjadi calon kades wajib mengundurkan diri dari keanggotaan panitia pilkades sejak bersangkutan menjadi pelamar dengan permohonan pengunduran diri secara tertulis kepada pimpinan BPD

6. Perangkat desa yang menjadi calon kades wajib mendapatkan ijin tertulis dari atasannya sejak menjadi pelamar.

7. Permohonan pencalonan kades diajukan secara tertulis diatas kertas bermaterai cukup kepada bupati melalui panita pilkades.
Ketua Panitia Pilkades (Muhyidin)
Sumber Data : Dokumen 2013
Written
Foto
: Admin
: Admin
Contact
Website
Email
Facebook
Twitter

Tahun 2013, 205 Desa Melaksanakan Pilkades Serentak

Batangkab.go.id - Kurangnya pemahaman masyarakat tentang demokrasi dapat mempengaruhi jalannya pesta demokrasi yang syarat dengan politik uang. Bukan saja di Pesta Demokrasi Pemilihan Presiden, Legislatif, atau Kepala Daerah, namun hingga Pemilihan Kepala Desa juga tidak menutup kemungkinan menggunakan politik uang. Hal ini menjadi keprihatinan Bupati Batang, Yoyok Riyo Sudibyo mengingat pada tahun 2013 ini 205 desa akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Keprihatinan Bupati ini disampaikan saat acara Coffee Meeting, Buka Bersama Bupati Dengan Awak Media Yang Bertugas di Kabupaten Batang, di halaman Rumah Dinas Bupati, Kamis (11/7/2013).  

Bupati mengatakan karena pola pikir masyarakat yang masih rendah tentang pemahaman pesta demokrasi, maka pemerintah dituntut untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat. Pemerintah Daerah harus gencar melakukan sosialisasi pemilihan kepala desa  dengan tidak menjual suaranya dengan uang sebelum pelaksanaan Pilkades, sehingga benar–benar terpilih pemimpin yang dipilih oleh masyarakat karena mendapat suara terbanyak. Diharapkan juga kepada awak media untuk bersama–sama membantu menyosialisasikannya melalui masing-masing media.

Kasubag Perangkat Desa, Bagian Pemerintahan Setda, Purmono, SSTP menjelaskan, pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak untuk tahap pertama akan dilaksanakan pada hari Minggu 8 September 2013, dengan jumlah desa sebanyak 161 desa. Sedangkan tahap ke dua dilaksanakan pada 15 Desember 2013, sejumlah 44 desa. Total pada tahun ini sebanyak 205 desa yang melaksanakan Pilkades.

Untuk Pilkades ini Pemerintah Kabupaten Batang membantu Rp. 5 juta per desa. Bantuan tersebut proporsional, tergantung banyaknya jumlah pemilih di masing – masing desa. Tahapan mekanisme pelaksanaan pelaksanaan Pilkades sudah sesuai dengan aturan yang berlaku, sampai dengan saat ini di tingkat desa sudah mulai membentuk panitia.

Untuk lebih mengantisipasi permasalahan yang akan timbul dalam pelaksanaan Pilkades Bagian Tata Pemrintahan Desa telah mengedarkan aturan bagi calon kepala desa yang berasal dari TNI dan POLRI, dan meminta kepada Dinas Pendidikan daftar nama pondok pesantren penyelenggara Wajar Dikdas Program Paket B se Kabupaten Batang, sehingga tidak ada calon yang memalsukan ijazah, serta  aturan hak pilih bagi anggota TNI dan Polri dalam Pilkades dan ujian penyaringan tertulis bagi bakal calon desa yang lebih dari 5 orang.

Agar pelaksanan Pilkades lebih bertanggung jawab terhadap masa pendukungnya serta menjaga kondusivitas, sebelum pelaksanaan pilkades akan dilaksanakan kesepakatan bersama bagi calon kepala desa yang akan mengikuti pilkades, dan disaksikan oleh Forkopimda.

Written
Foto
Contact
Website
Email
Facebook
Twitter

Khaul Massal dan Akhirussanah TPQ Azzahra Desa Durenombo

Durenombo - 6 Juli 2013, Haul dalam pembahasan ini diartikan dengan makna setahun. Jadi peringatan haul maksudnya ialah suatu peringatan yang diadakan setahun sekali bertepatan dengan wafatnya seseorang yang ditokohkan oleh masyarakat, baik tokoh perjuangan atau tokoh agama/ulama kenamaan.
Peringatan haul ini diadakan karena adanya tujuan yang penting yaitu mengenang jasa dan hasil perjuangan para tokoh terhadap tanah air, bangsa serta umat dan kemajuan agama Allah, Selain tujuan itu adalah tujuan utamanya untuk mendoakan arwah para kerabat yang telah mendahuluinya. seperti kutipan Pembicara (
KH. Ahmad Mujar):
Khaul massal seperti ini kalau ada yang tidak datang itu kebangetan disamping gratis kita juga bisa bersama-sama mendoakan arwah serta bisa menghemat biaya. kalau dirumah kaluar uang banyak yang datang cuma beberapa orang saja... 

Rangkaian Acara Khaul Massal dan Akhirussanah TPQ Azzahra
1. Acara tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu Legi, 6 Juli 2013. dengan judul KHAUL MASSAL DAN  AKHIRUSSANAH TPQ AZZAHRA. jadi ada dua agenda yang sekaligus dibuat dalam satu acara
2. Acara dimulai pukul 13.00 yaitu acara Khaul Massal yang dipimpin oleh H. Anwarudin dan Ust. Ridwan di TPU Durenombo
3. Setelah acara Khaul Massal selesai dilanjutkan dengan Pengajian Akhirussanah TPQ Az Zahra. acara dibuka dengan pementasan rebana Irmanu dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Ananda Dani Fikri dan kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan:
  • Sambutan 1 : Pembina TPQ Azzahra (Muhyidin) : Secara garis besar beliau berpesan bahwa awal puasa memang berbeda-beda namun kita mengikuti tergantung yang kita yakini dan percaya. dan untuk masalah khaul tersebut beliau menginginkan supaya acara seperti ini bisa terus berlanjut tiap tahunnya.
  • Sambutan 2 : Kepala Desa Durenombo (Abdul Halim) : Intinya sama dengan bapak Muhyidin beliau juga berpesan masalah puasa. selain masalah puasa beliau juga menyinggung masalah pemerintahan desa, yang bahwasanya beliau sudah berada di masa akhir jabatannya sehingga dalam kesempatan tersebut beliau juga sekalian berpamitan kepada semua warga Durenombo dan beliau berpesan supaya Durenombo warganya bisa aman, tentram, dan akur.
  • Yang terakhir adalah Ceramah dari pembicara (KH. Ahmad Mujar) : Dalam ceramah yang disampaikan oleh KH. Ahmad Mujar tersebut beliau banyak berbicara soal kehidupan dan tidak lupa juga beliau menyinggung soal khaul seperti kutipan diatas.
Acara Khaul Massal

Acara Akhirussanah TPQ Azzahra

Written
Foto
: Admin
: Admin (Phone)
Contact
Website
Email
Facebook
Twitter

Blog Durenombo Berganti Wajah

Durenombo - Selama dua hari ini Blog ini templatenya belum rapi dikarenakan pihak kami sedang melakukan maintenance dan optimation blog. karena menurut kami template yang kemarin harus diganti dengan yang lebih fresh dan user frendly sehingga pengunjung lebih mudah untuk mencari akses informasi dari desa Durenombo. tapi jangan takut alamat masih sama hanya templatenya yang kami rubah.
Ditemplate yang baru proses loading lebih cepat dari template yang lama karena kami optimalkan scripnya dan template yang baru ini juga lebih SEO daripada template terdahulunya sehingga oleh mesin pencari akan lebih mudah menemukan blog Durenombo ini. kami juga membuang widget-widget yang menurut kami tidak perlu dipasang di halaman blog ini, karena berpengaruh juga pada proses loading halaman.
Dan sekarang sudah selesai dan fix dalam perbaikan blog Durenombo dan kami mohon maaf atas gangguan yang kemarin terjadi. Terima Kasih
Gambar Template Lama


Tampilan Template Baru

Written
Foto
: Admin
: Admin
Contact
Website
Email
Facebook
Twitter

Acara Penyambutan Datangnya Bulan Suci Ramadhan

Durenombo - 5 Juli 2013, Marhaban ya Ramadhan. Selamat datang, wahai Ramadhan. Subhanallah, tidak terasa waktu bergerak begitu cepat. Dalam hitungan hari, kita akan tinggalkan lembayung Sya’ban. Dan, kita akan jejakkan kaki di bulan Ramadhan, bulan yang mengajak kaum Muslimin di berbagai belahan dunia berpuasa selama satu bulan lamanya.
“Wahai orang-orang yang beriman. Diwajibkan kepada kamu puasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang yang sebelum kamu, supaya kamu menjadi orang-orang yang bertaqwa.” (QS al-Baqarah 2:183).

Dengan datangnya bulan suci tersebut segenap warga Durenombo baik anak maupun dewasa mengadakan acara penyambutan bulan Ramadhan dengan acara pawai/mini karnival pada malam Sabtu pukul 19.30 WIB. acara yang dikomandoi oleh pengurus-pengurus Irmanu tersebut berjalan dengan lancar, acara dibuka oleh penampilan Rebana Irmanu, kemudian di ikuti oleh sambutan-sambutan yaitu dari ketua Irmanu dan pembina Irmanu. Setelah acara dibuka langsung pawai tersebut jalan berkeliling Dukuh Durenombo dan berakhir di depan halaman Masjid Nurul Huda Desa Durenombo.
FOTO:
Sambutan Pembina Irmanu

Suasana Iring-iringan

Written
Foto
: Admin
: Admin (Phone)
Contact
Website
Email
Facebook
Twitter